PERINGATAN HARI JADI DESA SUKORENO WUJUDKAN PELESTARIAN LINGKUNGAN DAN BUDAYA

potong tumpeng oleh Kepala Desa Sukoreno

Sukoreno (22/01/2019) – Pemerintah Desa Sukoreno menyelenggarakan serangkaian acara dalam rangka memperingati hari jadi Desa Sukoreno ke-72 tahun, adapun kegiatan yang dilakukan dalam rangka peringatan hari jadi Desa Sukoreno adalah Sarasehan, Ziarah dan do’a bersama, Upacara, Tabur Benih Ikan, Lomba Desain Batik, Pagelaran Wayang Kulit, Pentas Kesenian Oglek dan Jatilan, dan Pagelaran Ketoprak.

Sarasehan dilakukan pada hari Minggu,13 Januari 2019 bertempat di aula balai Desa Sukoreno; Ziarah dan Doa Bersama dilaksanakan pada hari Senin,14 Januari 2019 yang dilakukan di makam mantan perangkat Desa Sukoreno di makam Mertan dan Makam Ngathi-ati; Upacara dilaksanakan pada hari Senin,14 Januari 2019 di lapangan Desa Sukoreno yang di hadiri oleh Muspika Kecamatan Sentolo dan Kepala Desa Se-Kecamatan Sentolo; Tabur benih ikan dilaksanakan pada hari Senin,14 Januari 2019 di DAM Sungai Papah; Lomba Desain Batik dilaksanakan pada hari Kamis,24 Januari 2019 yang bertempat di Balai Desa Sukoreno; Pagelaran Wayang Kulit dilaksanakan pada hari Jumat, 25 Januari 2019 dengan dalang Ki Jolo Tundo yang membawakan cerita Gathotkaca Winisuda; Pentas Kesenian Oglek dan Jathilan dilaksnakan pada hari Sabtu, 26 Januari 2019 yang bertempat di Lapangan Balai Desa Sukoreno; Pentas Seni Drama Ketoprak dilaksanakan pada hari Sabtu,26 Januari 2019 di Balai Desa Sukoreno dengan membawakan cerita Joko Sunda dan di perankan oleh gabungan seniwan seniwati yang berada di Desa Sukoreno dan Perangkat Desa Sukoren.

Peringatan hari jadi Desa Sukoreno yang jatuh pada tanggal 14 Januari 2019 selalu diperingati setiap tahunnya. Kegiatan ini selain bertujuan untuk memperingati bergabungnya tiga Kelurahan, yaitu Kalurahan Kalimenur, Kalurahan Wora wari dan Kalurahan Semen yang bergabung pada tanggal 14 Januari 1947. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menggali potensi masyarakat Desa Sukoreno. Kegiatan yang di mulai pada hari Minggu, 13 Januari 2019 dengan kerjabakti di setiap pedukuhan dan pemasangan Penjor (seni kreasi janur) di sekitar Balai Desa Sukoreno. Kemudian dilanjutkan malam harinya dengan kegiatan Sarasehan yang dihadiri oleh muspika Kecamatan Sentolo, Kepala Desa se-Kecamatan Sentolo, Perangkat Desa Sukoreno, Tokoh masyarakat dan perwakilan Karang taruna dari Desa Sukreno.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sampai berita ini diturunkan masih ada beberapa kegiatan yang belum dilaksanakan, yaitu : Lomba Desain Batik, Pagelaran Wayang Kulit, pentas kesenian Oglek dan Jatilan serta Pentas seni drama ketoprak. Antusiasme dari masyarakat juga sangat tinggi terhadap kegiatan yang dilakukan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya partisipasi dari masyarakat demi suksesnya kegiatan. Kerjasama yang baik antara Pemerintah Desa Sukoreno, Panitia dan Masyarakat membuat kegiatan berlangsung dengan meriah.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan