Festival Bregodo Rakyat V tahun 2017 Gemparkan Kulon Progo

Sukoreno (13/12/17) – Sekitar 2000 personil mengikuti Festival Bregodo Rakyat (laskar/barisan prajurit ala kerajaan se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang dilaksanakan di Kabupaten Kulon Progo, pada Minggu (26/11/2017). Ketua panitia penyelenggara, Widihasto Wasono Putro mengatakan, Festival Bregodo Rakyat DIY selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu, baik oleh para pelaku dan penggiat seni maupun masyarakat umum. Festival tahunan ini dilaksanakan rutin secara berkeliling, di empat kabupaten/kota di DIY. Menurutnya, atraksi bregodo/laskar rakyat yang terekspresikan dari cara berjalan, musik dan kostum yang khas, menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. “Fenomena maraknya kemunculan bregodo rakyat ini patut disyukuri, sebab keberadaannya turut mewarnai dinamika kebudayaan di DIY. Seni keprajuritan ini menjadi salah satu penanda keistimewaan warga masyarakat DIY, dan kehadirannya juga ikut menggerakkan perekonomian para pengrajin busana adat,” jelasnya di sela acara.

Pada kesempatan tersebut, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Jumanto saat membacakan sambutan Bupati Kulon Progo mengatakan, masih banyak potensi seni budaya di Kulon Progo yang belum tergali secara maksimal. Hal inilah yang menjadi tantangan bersama, berbagai aspek yang berhubungan dengan kebudayaan. Festival Bregodo Rakyat DIY tersebut diikuti oleh 30 kelompok, 24 kelompok di antaranya merupakan bregodo dari Kulon Progo. Para Bregodo berkeliling di kota Wates, dengan rute diawali dari Alun-alun Wates, dan berakhir di kompleks DPRD Kulon Progo.

Desa Sukoreno juga ikut andil dalam festival tersebut dengan mengirimkan bregodo Kridha Manggala Sukoreno. Bregada ini baru dibentuk awal bulan November tahun 2017 anggotanya terdiri dari perwakilan karang taruna dari 13 pedukuhan se Desa Sukoreno.

Adapun hasil penilaian juri pada festival Bregodo Rakyat ke V Tahun 2017 yang disampaikan oleh Joko Mursito, S.Sn, MA (Sekretaris Dinas Kebudayaan Kab. Kulon Progo) adalah :

JUARA NAMA BREGODO ASAL KABUPATEN
Terbaik 1 WINOTO MANGGOLO Bantul
Terbaik 2 NITI MANGGALA Kota Yogyakarta
Terbaik 3 KSATRIYA MENOREH Kulon Progo
Terbaik 4 DANDANG REKSO Sleman
Terbaik 5 KRIDHA MANGGALA Kulon Progo

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan