PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PENDIDIKAN

SUKORENO (15/11/17) – Pendidikan di Sekolah Dasar adalah pondasi pembentukan karakter anak. Sekolah tingkat ini juga bisa digunakan untuk mengenalkan dan melestarikan budaya lokal. Salah satunya dengan memasukkan permainan tradisional di saat jam olahraga. Seperti SD Muhammadiyah Worawari yang berada di Desa Sukoreno juga memasukkan permainan tradisional saat pelajaran olahraga.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Permainan tradisional yang dimasukkan adalah permainan kasti. Permainan ini merupakan permainan tradisional yang dimainkan oleh anak-anak sejak dulu. Saat ditemui dilapangan, Bapak Tukiyat yang merupakan Guru olehraga SD Muhammadiyah Worawari mengatakan “permainan kasti saat ini sudah mendapat tempat tersendiri di dunia pendidikan,utamanya pada pelajaran olahraga”. Bapak Tukiyat juga mengatakan bahwa untuk lebih menarik,permainan kasti yang beliau sampaikan sudah dimodifikasi. “Permainan kasti sudah saya modifikasi namun tidak mengurangi tatacara dan aturan dalam permainan kasti” tambahnya.

Selain permainan kasti,masih banyak permainan tradisional yang dimasukkan untuk kegiatan olahraga di Sekolah. Bahkan ada beberapa permainan tradisional yang sampai dilombakan dari tingkat Desa, tingkat Kecamatan, tingkat Kabupaten bahkan sampai tingkat Provinsi. Salah satu permainan yang dilombakan dan bahkan sampai dipentaskan ditingkat Nasional adalah permainan NGLARAK BLARAK yang merupakan permainan tradisional masa kecil bapak Bupati Kulon Progo.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan