PERJUANGAN PERPUSTAKAAN DITENGAH KEMAJUAN JAMAN

Sukoreno (10/11/17) – Perpustakaan Desa Sukoreno yang bernama “PERPUSTAKAAN SARI ILMU” telah sering mengikuti lomba perpustakaan,bahkan sering mendapatkan peringkat. Salah satunya adalah saat mengikuti lomba Perpustakaan tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2015. Dalam lomba tersebut perpustakaan Sari Ilmu mendapatkan peringkat pertama. Saat pelaksanaan lomba tersebut juga dihadiri oleh Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Istimewa Yogyakarta, Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Kulon Progo,Kepala Desa Sukoreno, dan Ketua Perpustakaan se-Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Perpustakaan Sari Ilmu Desa Sukoreno dalam perjalanannya pernah mendapatkan berbagai macam penghargaan,antara lain :

  • juara III Lomba Pancamarga Tk Provinsi DIY th 1987
  • juara I Lomba Perpustakaan Tk Kabupaten Kulon Progo th 1988 (sebagai wakil Kec. Sentolo
  • juara harapan I Lomba perpustakaan Tk Provinsi DIY th 1988
  • juara III Lomba perpustakaan Tk Prov. DIY 1989
  • juara harapan III lomba perpustakaan Tk Prov. DIY th 2008
  • juara harapan II lomba perpustakaan Tk Prov. DIY th 2009
  • juara harapan I lomba perpustakaan Tk Prov DIy tahun 2011
  • juara I lomba Pustaka Bakti Tama Tk Prov. DIY tahun 2011
  • juara II lomba perpustakaan Tk Prov DIY tahun 2012

Dan pada puncaknya tahun 2015, Perpustakaan Sari Ilmu Desa Sukoreno mendapatkan peringkat pertama Lomba perpustakaan tingkat Provinsi DIY. Semua itu tidak lepas dari kerjasama yang baik antara Pengelola Perpustakaan dengan masyarakat dan perangkat desa. Perpustakaan Sari Ilmu Desa Sukoreno juga mempunyai kegiatan rutin seperti mengadakan bedah buku,lomba mewarnai tingkat pelajar,mendongeng untuk anak-anak PAUD, dan berbagai kegiatan yang dilaksanakan secara mandiri maupun bekerjasama dengan pihak lain. Untuk koleksi yang ada di perpustakaan juga tergolong lengkap,karena terdapat 4.778 Judul 7.628 eksemplar (data pengelola perpustakaan).Buku tersebut berasal dari bantuan Perpustakaan Nasional, Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Prov DIY,Perpustakaan Kabupaten Kulon Progo dan ada juga pengadaan oleh pengelola.

Meskipun dengan kondisi ruang yang tidak begitu luas karena hanya 60 m2 namun peran dari perpustakaan menjadi sangat penting guna menambah pengetahuan masyarakat. Hal ini tentunya sesuai dengan Visi dari Perpustakan yaitu sebagai salah satu media /sarana untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan membaca guna mencerdaskan kehidupan masyarakat di pedesaan.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan