MEMPERKENALKAN PEMERINTAHAN SEJAK USIA DINI

Sukoreno (10/11/17) ā€“ Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Sukoreno adalah memperkenalkan Pemerintahan dalam hal ini adalah Pemerintah Desa kepada siswa dan siswi PAUD yang ada di Desa Sukoreno. Hal ini dilakukan karena pemahaman akan Pemerintahan perlu diajarkan sejak usia dini yang tujuannya adalah untuk membentuk karakter anak penerus bangsa. Sehingga mereka memiliki pemahaman tentang adanya struktur Pemerintahan Desa dan bukan hanya Pemerintahan ditingkat atas.

Karena saat ini banyak anak usia dini jika ditanya tentang pemerintah,maka mereka langsung mengatakan bahwa pemerintah itu adalah Presiden. Padahal didekat mereka ada pemerintah yaitu Pemerintah Desa. Inilah yang mendasari mengapa Pemerintah Desa Sukoreno membuat kegiatan untuk lebih mengenalkan adanya pemerintahan di tingkat Desa. Selain itu Pemerintah Pusat juga terus membuat langkah maju dalam memperluas akses pendidikan anak usia dini di seluruh nusantara yang sekarang mencapai sekitar 70,1% dari anak usia 3-6 tahun (blogs.the world bank.org) .

Memasukkan anak-anak ke Layanan PAUD yang bermutu sering merupakan prioritas tinggi bagi masyarakat, dan Undang-Undang Desa memberikan kesempatan bagi desa-desa untuk melakukan investasi dipusat PAUD dan guru-guru mereka sendiri mengingat investasi public yang terbatas. Dengan berdasarkan pada hal-hal tersebut tumbuhlah keinginan dari Pemerintah Desa untuk lebih mengenalkan dan mendekatkan diri pada anak-anak,meski usia mereka belum mampu untuk memahami lebih dalam tentang Pemerintahan namun mereka akan mengerti bahwa ada struktur pemerintahan di tingkat desa. Saat ini kebanyakan anak-anak usia 3-6 tahun itu merasa takut untuk berada di Balai Desa. Hal itu bisa saja disebabkan karena mereka tidak pernah mengenal dan berinteraksi dengan aparatur desa.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan