Mendorong Pertanian Dengan Pembangunan

Sukoreno (9/11/17) – Penduduk Desa Sukoreno mayoritas bekerja sebagai petani. Pemerintah Desa Sukoreno sangat mendukung dan selalu mendorong petani yang ada di Desa Sukoreno untuk lebih maju. Salah satu cara yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Sukoreno adalah dengan membangun infrastruktur unutk petani. Pembangunan jalan usaha tani adalah pembangunan yang sangat membantu petani untuk memudahkan akses ke lahan pertanian. Karena struktur tanah di jalan pertanian yang sangat sulit dilewati ketika musim penghujan datang. Untuk itu Pemerintah Desa bersama dengan masyarakat membangun jalan usaha tani. Pembangunan jalan usaha tani ini disambut gembira oleh para petani bahkan mereka siap untuk melakukan kerja bakti.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Selain pembangunan jalan usaha tani dan jalan-jalan menuju lahan pertanian Pemerintah Desa Sukoreno juga membangun saluran irigasi. Hal ini agar petani dapat dengan mudah memperoleh air untuk pertaniannya. Dengan luasan lahan yang terdiri dari sawah ( 266 Ha ), pekarangan/tegal ( 635 Ha ), dan Perkebunan ( 42 Ha) Pemerintah Desa harus bisa mendorong semua komoditas untuk maju. Sehingga masyarakat Desa Sukoreno diharapka dapat mandiri dari segi pangan. Hal ini senada dengan salah satu program dari Bupati Kulon Progo, yaitu untuk menciptakan Kabupaten Kulon Progo yang swasembada pangan.

Bahkan Kepala Desa Sukoreno saat memberikan sambutan dalam acara panen raya yang dilaksanakan pada hari Rabu (8/11) kemarin mengatakan bahwa untuk para petani yang saat dilakukan pengubinan mampu menghasilkan yang paling besar maka akan mendapatkan hadiah berupa pupuk dari Kepala Desa. Pemberian hadiah pupuk ini dimaksudkan untuk memberikan rangsangan dan mendorong para petani untuk meningkatkan hasil pertaniannya. Apalagi saat ini petani mengalami kesulitan untuk mendapatkan pupuk.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan