Bendungan Papah Fungsinya Luar Biasa

Sukoreno,(8/10/17) – Desa Sukoreno memliki salah satu bangunan yang sudah sangat lama yang berupa Bendungan Papah. Bendungan yang berdiri dengan kokoh membendung aliran sungai papah ini berfungsi untuk pengairan lahan pertanian d wilayah Desa Sukoreno dan beberapa Desa di sekitar wilayah Desa Sukoreno. Desa yang ikut menikmati dan menggantungkan pengairan lahan pertaniannya dari bendungan papah ini antaralain Desa Srikayangan yang teletak di sebelah tenggara dari Desa Sukoreno dan Desa Demangrejo yang berada di sebelah selatan dari Desa Sukoreno.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Bendungan papah sudah mengalami beberapa kali renovasi dan pada pertengahan tahun 2017 ini, bendungan papah harus dikeruk kembali karena pendangkalan di bagian atas sungai. Petani di Desa Sukoreno sangat menggantungkan pertaniannya dari bendungan ini. Jika musim hujan tiba,petani tidak begitu khawatir dengan debit air yang ada di bendungan papah. Namun ketika musim kemarau panjang datang, pengelola harus pandai-pandai dalam mengatur aliran air untuk petani. Sehingga tidak ada petani yang mersa kekurangan air. Debit air di bendungan papah pada saatmusim kemarau panjang memang sering mengalami penurunan yang sangat signifikan, karena debit air pada sungai papah ini merupakan anak sungai dari saluran induk Kalibawang yang terletak di Kecamatan Kalibawang.

Bendungan ini di bangun pada tahun 1963 dan mengairi lahan pertanian kurang lebih seluas 1.054 Ha. Selain fungsi utamanya sebagai penyokong air pertanian,bendungan ini juga dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk memancing,bahkan pemancing yang datang ke bendungan ini datang dari luar Desa Sukoreno. Bahkan para pemancing ada yang datang dari luar kota Yogyakarta. Karena warga sekitar bendungan dan sepanjang sungai ini telah sepakat bahwa mereka akan menjaga ekosistem sungai dan melarang keras menangkap ikan dengan menggunakan alat maupun racun ikan yang mampu merusak ekosistem sungai.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan