Kekeluargaan Terjalin di Bimtek Regional Jogja

Jogja (2-6 Nov 2017)– Kebersamaan antara penyuluh dan seluruh panitia meninggalkan kesan tersendiri bagi semua penyuluh dan panitia,kebersamaan dan kekeluargaan yang terjalin ternyata terbukti mampu meningkatkan daya tangkap akan materi yang disampaikan. Terbukti meski jadwal yang ditentukan oleh panitia sudah berakhir namun para peserta Bimtek masih ingin menambah waktu untuk lebih memperdalam materi. Kesabaran dari panitia menunjukkan loyalitas kepada para penyuluh,dan itu membuat para penyuluh tidak merasa canggung untuk bertanya apabila memang ada materi yang belum dimengerti.

Meski peserta penyuluh berjumlah 26 orang dari Desa berbeda,namun terjalin rasa kekeluargaan dengan tujuan yang sama yaitu untuk memajukan Desa. Semangat dari Penyuluh sangat terasa pada setiap sesi pertemuan,meski penyuluh baru pertama kalinya menerima materi namun itu tidak sedikitpun mengurangi semangat, Bahkan hampir setiap malam setelah selesai materi ruang,para penyuluh banyak yang menghabiskan malam dengan berdiskusi. Diskusi yang dilakukan antar sesama penyuluh maupun penyuluh dengan panitia dan pemateri adalah salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman materi.

( menikmati malam dan diskusi )

( penutupan Bimtek )

Pada saat penutupan Bimtek sangat jelas terlihat para penyuluh dan panitia serta pemateri enggan untuk segera mengakhiri kegiatan Bimtek. Rasa kekeluargaan yang sudah terjalin beberapa hari mampu membuat acara penutupan Bimtek menjadi sangat haru. Bahkan malam setelah penutupan para penyuluh menyempatkan diri untuk menikmati indahnya malam di Jogja bersama dengan kawan sekaligus keluarga baru mereka. Mereka sadar bahwa esok pagi mereka akan berpisah. Dan beberapa penyuluh tidak mampu untuk membendung air mata saat berpamitan dengan penyuluh lain maupun dengan panitia.

 

2 Comments

Tinggalkan Balasan